Sunday, April 19, 2015

TUGAS IAD, IBD, ISD

Letak Kode Iklan Disini



BIOTANI LAUT DAN KEADAAN SEKITARNYA
PESISIR GUDANG GARAM MERAH DAN MANGROVE SERDANG BERDAGAI
Dok.11/04/2015




A.    BOTANI LAUT
Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.508 buah pulau besar dan kecil dengan panjang garis pantai sekitar 81.000 km (Soegiarto, 1984). Indonesia sebuah negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa (tropis) mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Terutama di Serdang Berdagai memiliki laut yang sangat banyak dengan jumlah 21  bercampur dengan pantai. Sebelum kita memasuki laut lebih dalam sebaiknya kita mengetahui pengertian laut. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut adalah merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bermuara ke laut, Contohnya laut gudang garam merah ( Dok. 11/04/2015).  Kami meneliti botani laut dengan laut gudang garam merah dan mangrope. Dalam laut gudang garam  Cuma memiliki beberapa botani yang sedikit, contohnya :
1.      Kerang yang memilki jumlah sangat sedikit dan sangat jarang ditemui dalam pesisir gudang garam merah.

2.      Tumbuhan yang dimilki oleh laut pesisir gudang garam merah Cuma satu yaitu pohon cemara ( Casuarina equisetifolia L)  yang banyak terdapat dalam pesisir itu. Dan masyarakat yang berkunjung hanya sedikit .


Sedangkan pantai mangrove sangat banyak botani didalam laut maupun diluar laut, contohnya :
1.      Lumitzrera Racemosa ( truntun )
Pohon kecil atau perdu, hingga tinggi 8-9 m. Pepagan cokelat kemerahan, kasar memecah memanjang. Tanpa akar napas. Ranting-ranting yang muda kemerahan atau abu-abu, kadang-kadang sedikit berambut, dan gundul ketika menua.Daun-daun berkumpul di ujung ranting, bertangkai pendek hingga 10 mm. Lembaran daun menjangat, sedikit berdaging, agak kaku; bundar telur terbalik menyempit, 2-10 × 1-2,5 cm, ujung membundar dengan sedikit lekukan.Perbungaan terletak di ketiak, panjang lk. 2–7 cm. Bunga-bunga duduk, berkelamin ganda, berbilangan-5; sedikit harum namun kaya akan nektar. Tabung kelopak agak gepeng memanjang, lk. 6–8 mm, hijau muda, di pangkalnya dilindungi sepasang anak daun bentuk bundar telur melebar, lk. 1,5 mm; taju kelopak melebar, tinggi lk. 1 mm, kadang-kadang dengan kelenjar di ujungnya. Taju mahkota bentuk jorong, 4 × 2 mm, putih. Benang sari 10 helai, sama atau sedikit lebih panjang daripada taju mahkota. Buah berserat dan mengayu, jorong kembung (elipsoid) agak gepeng, 10-12 × 3–4 mm.

2.      Evicennia Marina ( Api – Api )
      Api-api adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Avicennia, suku Acanthaceae. Api-api biasa tumbuh di tepi atau dekat laut sebagai bagian dari komunitas hutan bakau. Nama Avicennia dilekatkan pada genus ini untuk menghormati Ibnu Sina, di dunia barat terkenal sebagai Avicenna, salah seorang pakar dan perintis kedokteran modern dari Persia. Sebagai warga komunitas mangrove, api-api memiliki beberapa ciri yang merupakan bagian dari adaptasi pada lingkungan berlumpur dan bergaram. Di antaranya:
  • Akar napas serupa paku yang panjang dan rapat, muncul ke atas lumpur di sekeliling pangkal batangnya.
  • Daun-daun dengan kelenjar garam di permukaan bawahnya. Daun api-api berwarna putih di sisi bawahnya, dilapisi kristal garam. Ini adalah kelebihan garam yang dibuang oleh tumbuhan tersebut.
  • Biji api-api berkecambah tatkala buahnya belum gugur, masih melekat di rantingnya. Dengan demikian biji ini dapat segera tumbuh sebegitu terjatuh atau tersangkut di lumpur. 
3.       Xylocarpus Granatum ( Nyirih )
Pohon berukuran sedang, tinggi mencapai 22 m, dan bergaris tengah hingga 1 m, terkadang dijumpai pohon berakar banir, sering dijumpai sistem akar berupa akar napas atau permukaan akar seperti pita. Kulit batang bercelah atau bersisik. Daun majemuk menyirip genap, berseling, bentuk anak daun jorong atau bulat telur sungsang. Bunga malai tumbuh pada ketiak daun, uniseksual, daun-daun mahkota berwarna putih-krem. Buah kapsul, halus berkayu, bergaris tengah hingga 25 cm, mengandung 6 – 18 biji. Biji berbentuk persegi empat, panjang hingga 6 cm, berwarna coklat.

4.       Excoecaria Agallocha ( Buta – Buta )
Tanaman ini disebut demikian karena memiliki getah berwarna putih pekat yang diduga dapat memberikan iritasi dan buta sementara apabila getah tersebut terkena mata kita.
Buta-buta merupakan pohon meranggas yang tumbuhnya bisa mencapai 15 meter dan memiliki daun yang berwarna hijau tua yang akan berubah warna menjadi merah bata sebelum daun tersebut rontok dan jatuh ke atas substrat.
Buta-buta juga memiliki bunga berwarna kuning yang kemudian akan berubah menjadi bulat-bola-hijau dengan tiga tonjolan (lihat foto di atas).
Tanaman ini memiliki kayu yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat kertas yang bermutu baik. Selain itu, getahnya juga dapat digunakan untuk membuat ikan menjadi pingsan sehingga memudahkan nelayan dalam menangkapnya.
Setelah mengetahui keanekaragaman dan manfaat ekosistem mangrove yang sangat besar bagi kehidupan manusia, sudah sewajarnya kita semua untuk melindungi ekosistem mangrove dan memanfaatkannya dengan bijak dan benar untuk kehidupan yang lebih baik


 5.       Hibiscus Tiliaceus ( Waru Laut )
Pohon kecil, tinggi 2–10 m. Tumbuh di pantai berpasir atau di bagian belakang dari hutan pasang yang tidak berawa. Daun bertangkai panjang, bundar telur bentuk jantung dengan tepi rata, 7–24 × 5–16 cm; seperti kulit; bertulang daun menjari, dengan kelenjar kulit kecil di antara pangkal tulang daun utama di sisi bawah daun. Daun muda bersisik coklat rapat. Bunga berdiri sendiri, di ketiak daun, naik dahulu kemudian tunduk, bertangkai panjang dan bersisik. Daun kelopak tambahan 3, amat kecil dan lekas rontok. Kelopak seperti cawan, panjang 12–14 mm, dengan gigi yang sangat kecil. Mahkota bentuk lonceng, 6–7 cm, kuning muda dan akhirnya merah, dengan noda (bercak) ungu pada pangkalnya. Bergetah kuning. Buah kotak bentuk bola pipih sampai bentuk telur lebar, diameter 2,5–4,5 cm, tidak membuka atau membuka lambat. Bijinya berambut.

6.       Bakau Hijau
Pohon besar, dengan akar tunjang yang menyolok dan bercabang-cabang. Tinggi total 4-30 m, dengan tinggi akar mencapai 0.5–2 m atau lebih di atas lumpur, dan diameter batang mencapai 50 cm. Bakau merupakan salah satu jenis pohon penyusun utama ekosistem hutan bakau.Daun tunggal, terletak berhadapan, terkumpul di ujung ranting, dengan kuncup tertutup daun penumpu yang menggulung runcing. Helai daun eliptis, tebal licin serupa kulit, hijau atau hijau muda kekuningan, berujung runcing, bertangkai, 3,5-13 × 7–23 cm. Daun penumpu cepat rontok, meninggalkan bekas serupa cincin pada buku-buku yang menggembung.Bunga berkelompok dalam payung tambahan yang bertangkai dan menggarpu di ketiak, 2-4-8-16 kuntum, berbilangan 4. Tabung kelopak bertaju sekitar 1,5 cm, kuning kecoklatan atau kehijauan, melengkung. Daun mahkota putih berambut atau gundul agak kekuningan, bergantung jenisnya. Perbungaan terjadi sepanjang tahun.

7.       Kepiting Bakau
Kepiting bakau tergolong dalam family portunidae yang terdiri atas enam sub family yaitu Carcininae, Polybiinae, Caphyrinae, Podophthalminae, Cotoptrinae, dan Portunidae. Jumlah jenis kepiting yang tergolong dalam keluarga portunidae di perairan Indonesia diperkirakan lebih dari 100 spesies. Portunidae merupakan salah satu keluarga kepiting yang mempunyai pasangan kaki jalan dan pasangan kaki kelimanya berbentuk pipih atau melebar pada ruas yang terakhir (distal) dan sebagian besar hidup di laut, perairan bakau, dan perairan payau (Sulistiono, 1992).
Keenan (1998) menyatakan bahwa kepiting bakau mempunyai empat spesies antara lain Scylla serrata, Scylla transquebarica, Scylla olivaceae, dan Scylla paramamosain


B.      KEADAAN SEKITAR
Keadaan sekitar gudang garam dan mangrove ini banyak disekitar pantai itu penduduk yang menjaga pantai ada yang pendudukya sebagai nelayan, berdagang dan sebagai tempat pengelolah wisata. Aktivitas pantai diliputi oleh Banana boat, speed boat, permainan anak – anak. Dokumentasi aktivitas pantai dibawah ini:







»»  READMORE...

Monday, July 7, 2014

She is..

Letak Kode Iklan Disini
Wah Alhamdulillah, sepertinya aku lagi beruntung bisa dekat dan menyukain wanita ini..

Awal kenal ini ya jumpa pas Try Out akbar, dia ini wanita muslimah yang pandai menutup auratnya, setau aku dia rajin Sholat (masih awal kenal). kemudian, teman sekelas aku ngepromote pin bbm aku, eh ternyata ehhh ternyataa dia invite pin aku.. Masak yakan broo cewek kayak gitu gak kitaa accept.

Ok udah berteman, ada waktu buat ngobrol banyak, awalnya cuma basa basi doang tanyak2 yakan, misalnya ada kawan sekelas aku yang demen liat kawan yg duduk disebelah dia pas TO, pas aku tanyakin tentang temannya itu eh dia bilang aku malah suka sama kawannya. tapi gak  lah.

Pernah ngobrol sampai kami tukeran tanda tangan, tukaran sarapan, dia buat roti yang dikasi selai coklat, aku buat roti dikasi saus (jadi seram). Pernah di ajak teman sholat dhuha, setelah sampai ke mesjid eh rupanya dia sholat juga. subhanallah, semenjak itu aku udah ada rasa-rasa gimana gitu yakan. tap tiba hari jumat dia nyuruh aku azan, sayangnya sebelum azam jumat aku udah matikan hp duluan jadi baru baca Bm dia setelah selesai sholat, kalo gak kan azan juga yakan *sokberani.

dekat terus sampai temanku mengetahui kedekatanku dengannya -___- *kampret aku sh purak2 gak tau aja, ok balik lag, awalnya sih orangnya gak mau curhat2 gitu, semuanya dia sembunyiin, dan sampai akhirnya nth kenapa dia mau cerita tentang drinya denganku.

semakin akrab dan menjelang UN sampai akhirnya perpisahan, ketika udah mau dekat perpisahann ni kan, kebetulan aku dsuruh lagi ngisi acara *buatcapekaja. tepat sebelum perpisahan hari sabtu, kamisnya aku dan kawan2 sekelas ada juga dari kelas lain, kami nntn stand up comedy di kesawan, ya sambil2an lah nntn sambil chat sama dia, panjang chat lamaaa kamii, setelah itu aku memutuskan kalo aku berani bilang ke dia, kelen tau apa yang aku bilang?? " .... eke suka sama elu" selesai, dia bilang malah hp aku dibajak sama teman aku, ya aku jujur aja kalo yg tadi aku yg bilang, abis itu dia bilang juga kalo dia suka juga, trus aku bilang aja "kita gak usah pacaran ya, ngapain pacaran kalo kita berantam2" dan dia mau yaudah ya kayak gini lah kami sekarang.

nnt disambung ;agi ya agak capek ngetiknya..
»»  READMORE...

Orang tuaku ituuuu..

Letak Kode Iklan Disini
Waaah satu pasang manusia yang ni udah gak bisa dibalas lagi deh jasa-jasanya, udah banyak kali, mulai dari mama yang UDAH NGELAHIRIN aku DENGAN SUSA\H PAYAH yang bakalan NYAWA YANG DIA KORBANKAN, beeeeh sungguh kuat banget deh mama, lain sama buya, buya orangnya multytalent kaliii *bukansombongyak:( dia ini ada aja yg bisa dia lakukan, mulai dari cari nafkah beri kami nasehat lebh super dari Mario teguh  daaah, main alat musik, nyanyi, wah banyak lagi deh *takutria.

Balek lagi ke Mamah yaaak, mamah itu disiplin bangeeet orangnya, jagooo masak, teringat loooh waktu pas kecil waktu umurku kurang lebiiih 4 tahun, dia sudah mengajarkan aku untuk membaca al qur'an dan alhasil aku bisa lancar membaca al qur'an ya walaupun mama n buya orang yang keras, bisa baca al qur'an sampe nangis-nangis kena marah mama, di cubit, karana salah bacaannya, ya tapi tu dia brooo supaya BISA MEMBACA AL QUR'AN, anak sekarang mah kalo di lembutin bisanya malas-malasan. jujuuuurrrr.

Aku tu sering kali kenak marah sama mama kalo gak disiplin, beeeh ngeri kali marahnya -_- ya walaupun dia gitu gak sanggup juga aku ngelawan dia, kasiaaan brooo, kita manusia yg dilahirkan nyusahin dia aja taunya, mauu melawan harus pikir bejuta-juta tahun lagi lamanya (kalo lebaynya) kalo melawaaan awak mikirrr yakan dia ngelahirin aku aja udah mau mampus *bahasakasarnya, belum lagi dia kasi asi buat aku, cebokin aku kalo buang air besar, pengorbanannya brooo gak ada yang bisa di balas, kita aja yang disuruh kadang ngeluh, mama  kita brooo disuruh Allah MELAHIRKAN KITA bayangkaaaan brooooo sakiiiittt kaliiii ituuu aduuuh. kita aja kalo disuruh buang taik ayam ato bersihin sutu yang jorok suka ngeluh yakaaan??? MAMA KITA CEBOKIN KITA BRO TIAP HARII duh kalo diceritain banyak lagi lah bahkan TAK TERDEFINSI JASA MAMA, kasan deh kalo dilawan orang tua.

Apalagi ya brooo mau buat orangtua kita MENANGIS??? apaa??? walaupun gak sengaja ato disengaja buat dia tersinggung duuuh NERAKA lah buat kita anak2nya, kita belum lagi ada apa-apanya taunya numpang, nyusahin, ngabisin beras, kalo udah gitu jangan sampai buat orang tua nangis, jangan sakitin dia, karena MURKA ALLA terdapat MURKANYA ORANG TUA.


nah itu lah orang tuaku ya sangat sempurna sekali jasanya bagiku, semoga mamah dan buya masuk surga tanpa Hisab ya mah buya, abang doakan selalu mamah dan buya di setiap zikir abang, sholat abang ya mah buya, supaya mamah dan buya gak di hukum di neraka, langsung masuk surga, kalaupun orang tuaku sempat di hukum dineraka ya Allah, biar hamba yang menjalaninya, hamba iklas, hamba ridhoo, hamba relaaa itu semua demi orang tua hamba ya Allah, tolong kabulkan permintaan hamba yang penuh dosa untuk kedua orang tua hamba ya Allah.
»»  READMORE...

Kenalaaan lah duluu kita yaak

Letak Kode Iklan Disini
Kenaliin, nama aku Muhtidun Hariz, aku biasa di panggil sama teman-temanku Hariz, kalo guru-guru panggil aku Muhtidun, kalo di rumah di panggil Mukti, tapi ada teman-temanku manggil dengan sebutan khusus, contohnya Chyntia dia manggil aku dengan sebutan "mumun" beda sama si Rizka, dia manggil aku dengan sebutan "HAR" kurang barat kek mana lagi yakan -_- tapi intinya panggil aja aku dengan sebutan Hariz.

Yah, aku seorang remaja yang masi ngekost dirumah orang tua, aliaas masi NUMPANG!! aku anak pertama dari empat bersaudara, aku punya orang tua yang tegas dan disiplin tapi masi bisa bercanda dan ada kelonggaran juga orang tua yang setia dan ikhlas menghidupkanku I LOVE YOU MY PARENT.

Ciri-cirikuu ya sapa tau aja ya kalo misalnya ortu aku kehilangan anak kayak aku *yakali ini contoh yang bisa dijadikan pertimbangan *lah
Bertubuh sedang ukuran 168 cm kurang lebih *kalolebihkembalikan *apaaan
Kerambut ikal kadang lurus teros belok kanan terossss aja nampak mesjid sholat dulu
Kulit warna Putih Tua baahasa mudahnya Sawo matang -____-
Ada tahi lalat bukan tahi cecak di dekat bibirku
Berhidung Mancung kedalam x_x
Kurus anaknya *yakali
Bersuara Cempreng tapi gak false *laaah
kalo jumpa tolong hubungii kami yaa :"( toloooong kaliii dia gak balek-balek kerumah mencari indomi rasa ayam kate :( *lukiraakubetol2hilang *haaah

Ciri-ciri tingkah, ya sapa tau banyak datang banyak fans :$ *pedekalikaudek
Baik dan ramah, kadang pendiam kadang selengean
suka becanda *mungkinya
rajin belajar musiman, suka nyanyi, suka menghitung *cumamenghitunguang dan banyak lagi.


udah itu aja yak, salam kenal buat pembaca UYEAAAAH~
»»  READMORE...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More